Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah Dan Cara Menggunakannya


Banyaknya produk perawatan dengan kebaikan madu didalamnya menunjukkan betapa besarnya manfaat madu untuk kulit. Apa saja manfaatnya?

Cara merawat wajah secara alami merupakan pengetahuan yang populer di kalangan wanita, terutama bagi kamu yang mengutamakn kesehatan kulitmu. Perawatan wajah menggunakan bahan alami dipilih karena lebih aman dan tidak memiliki efek samping pada kulit. Salah satu bahan alami yang sering digunakan adalah madu.

Madu, seperti yang kita semua pasti tahu, adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu yang sangat familiar untuk konsumsi sehari-hari ini memiliki beragam kegunaan lainnya juga, diantaranya ialah sebagai pendukung kecantikan dan kesehatan. Kandungan madu terdiri dari karbohidrat seperti fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung senyawa seperti Vitamin C, magnesium, fosfor, kalsium, besi, riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3) yang berfungsi sebagai anti-oksidan.

Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah Dan Cara Menggunakannya

Madu memiliki sifat pelembab yang membantu mengikat dan mempertahankan air pada kulit sehingga baik untuk membersihkan, melembutkan, melembabkan dan mencerahkan wajah. Manfaat lainnya adalah madu memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan flek-flek hitam, mengecilkan pori-pori wajah dan membantu proses regenerasi kulit. Selain itu, madu dapat membantu pembentukan kolagen sehingga mampu untuk mencegah proses penuaan dini (anti-aging), serta madu merupakan antioksidan alami yang akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Madu dapat mengatasi permasalah pada kulit kering, berminyak hingga sensitif.


Cara Perawatan dengan Madu di Rumah

Perawatan wajah dengan madu dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dijadikan masker, scrub dan toner. Untuk memaksimalkan manfaat madu untuk wajah, kamu dapat mencampur madu dengan bahan-bahan alami lainnya. Berikut diantaranya kombinasi madu dengan bahan-bahan alami lain untuk masker serta manfaatnya yang dapat kamu coba sendiri di rumah.
Madu dan Putih Telur

Setelah seharian beraktivitas, pasti kulitmu akan terlihat kusam dan kotor karena polusi dan debu di luar ruangan. Kamu dapat membersihkan wajahmu dengan menggunakan madu. Madu dapat berperan sebagai eksfolian yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah. Caranya adalah dengan menggunakan kombinasi madu dan putih telur. Kamu juga dapat mencampurkan bahan gliserin yang bisa didapatkan di apotek sebagai tambahan. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan takaran yang sama. Oleskan ke seluruh wajah dan tunggu hingga kering. Kemudian bilas menggunakan air bersih.



Madu dan Susu

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, memilih perawatan menggunakan madu adalah salah satu caranya. Karena, salah satu manfaat madu untuk wajah adalah dapat menjaga kelembaban dan melembutkan wajah. Gunakan madu murni dengan mengoleskan ke seluruh wajah dan tunggu selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Untuk lebih efektif, kamu juga dapat mencampurkan madu dengan susu.



Madu dan Lemon atau Jeruk Nipis

Madu memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat serta menghilangkan bekas jerawat dan flek-flek hitam. Selain itu, madu dan lemon juga dapat mencerahkan kulit wajah. Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan madu, air lemon atau jeruk nipis dan air hangat dengan takaran yang sama. Oleskan menyeluruh ke area wajah terutama pada bagian yang berjerawat dan tunggu selama 20-30 menit hingga kamu bisa membilasnya menggunakan air bersih.

Nah, selain digunakan sebagai masker, bahan-bahan tersebut juga dapat dijadikan sebagai toner. Madu mengandung senyawa yang berperan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat membantu untuk mencegah penuaan dini. Proses pembuatannya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu, 2 sendok makan air lemon atau jeruk nipis dan air secukupnya kemudian aduk hingga rata. Masukan ke dalam botol. Kamu dapat memakai toner ini dengan menggunakan kapas. Oleskan ke seluruh wajah yang telah dibersihkan.

Madu dan Kayu Manis

Kombinasi yang satu ini terdengar unik dan ternyata memiliki kegunaan untuk mengobati jerawat. Kamu juga dapat menambahkan bubuk kunyit dan tepung beras untuk hasil yang maksimal. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh bubuk kunyit yang harus kamu aduk hingga rata. Oleskan ke seluruh wajah dan tunggu selama 15-20 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

Madu dan Oatmeal

Selain membersihkan wajah, madu juga dapat mencerahkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami lain seperti oatmeal dan susu sebagai kombinasi. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 5 sendok makan madu, 2 sendok makan susu bubuk dan 2 sendok makan oatmeal. Oleskan ke seluruh area wajah dan dengan disertai pijatan-pijatan lembut di wajah sebagai relaksasi. Kemudian tunggu selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air bersih sesudahnya. 

Madu dan Garam Laut atau Gula

Madu juga dapat digunakan sebagai scrub dengan mencampurkan bahan alami lain seperti gula atau garam laut. Cara penggunaanya adalah campurkan madu dengan gula atau garam laut. Oleskan pada seluruh wajah dengan disertai pijatan-pijatan lembut. Kemudian bilas dengan air bersih.

Madu dan Mentimun

Kombinasi antara madu dan mentimun diperuntukkan bagi kulit berminyak. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur madu dan parutan mentimun. Oleskan menyeluruh ke wajah dan tunggu selama 15-20 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

Madu dan Alpukat

Bagi kamu yang memiliki kulit kering kamu dapat mencoba dengan menggunakan madu dan alpukat. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur madu dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Oleskan pada area wajah dan tunggu hingga mengering. Lalu bilas menggunakan air bersih.

Madu dan Beras

Madu juga dapat berperan sebagai pencerah kulit wajah. Kombinasi antara madu, beras dan minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pilihan. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung beras, 2 sendok makan madu dan minyak zaitun secukupnya agar tidak lengket. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. Oleskan ke wajah hingga merata dan tunggu selama 15-20 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih. 

Banyak sekali kan, manfaat madu untuk kulit wajah? Sekarang setelah kamu akhirnya tahu banyak tentang manfaat madu bagi kulit, kamu bisa mulai rangkaian perawatan alami sendiri di rumah. Tentunya khasiat madu untuk kulit wajah ini akan bisa terasa maksimal jikan kamu menikmati proses perawatan itu sendiri. Produk yang serba instan tentunya tidak akan lebih baik dari khasiat madu untuk kulit kamu, meskipun mungkin menjanjikan hasil yang lebih cepat, namun kamu tidak bisa yakin bagaimana hasilnya dalam pemakaian jangka panjang, ‘kan. Sebagai konsumer kecantikan yang bijak, tidak ada salahnya membeli produk, tetapi juga harus memperhatikan kandungan produk ya! Jangan lupa kunjungi juga Facebook Cambon.id untuk lebih banyak lagi tips seputar kecantikan dan kesehatan.



Share on Google Plus

About Kumpulan Biodata Profile Artis Cantik Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
- deals5 - top9